PROPOSAL

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Kesadaran diri bahwa sekolah adalah sebuah masyarakat kecil yang menjadi wahana pengembangan siswa, mendorong sekolah untuk meningkatkan kualitas siswa. Pengembangan kemampuan siswa ini merupakan salah satu tanggung jawab sekolah untuk menjadikan siswa sebagai salah satu dari warga sekolah yang harus menjadi learning person seseorang yang senantiasa berusaha menambah pengetahuan dan ketrampilannya.
Berkaitan dengan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan siswa tidak akan lepas dari sarana dan prasarana yang tersedia. Meskipun juga tidak mengabaikan peran penting dari semangat semua personal yang terlibat di dalamnya. Namun ketersediaan sarana yang memadai amat mendukung tercapainya peningkatan mutu pendidikan, pengetahuan dan ketrampilan pada siswa.
Untuk saat ini gedung ruang kelas SMA Muhammadiyah 1 Simo mngalami kerusakan berat, sehingga kegiatan belajar - mengajar kurang dapat berjalan baik sebagaimana mestinya. Oleh karena itu sebagai konsekuensi dari usaha penigkatan mutu pendidikan pengetahuan dan ketrampilan maka kebutuhan yang segera diwujudkan adalah rehab gedung ruang kelas.

  1. Tujuan  pembangunan Rehab Gedung Ruang Kelas
Tujuan  rehab gedung  ruang kelas di SMA Muhammadiyah 1 Simo adalah :
1.      Meningkatkan kelancaran dan kenyamanan dalam proses belajar – mengajar
2.      Meningkatkan efektivitas pengelolaan mutu pendidikan
  1. Hasil yang diharapkan

Dengan direhabnya gedung ruang kelas diharapkan:

1.    Kenyamanan dalam proses belajar – mengajar

2.    Kegiatan belajar- mengajar dapat berjalan lancar

3.    Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dapat terlaksana dengan lancar dan berdampak pada peningkatan mutu hasil belajar siswa.




BAB II

PROFIL SEKOLAH
1.      Nama Sekolah                   : SMA Muhammadiyah 1 Simo
Alamat Sekolah                : Jalan Madu No. 152, Ngreni, Simo, Boyolali  Kode Pos 57377
                                                  Telp. 0271 7081337
Kabupaten                        : Boyolali        
Propinsi                            : Jawa Tengah
2.      Kepala Sekolah                 :
a. Nama                            : Drs. Samudi
b. Pendidikan Terakhir     : Sarjana
c. Jurusan                         : PPKN
Pelatihan yang pernah diikuti
Tahun
Nama pelatihan
Lama Pelatihan

2008/2009, 2010/2011

PKG – PMP

3, 5 hari

2008/2009, 2010/2011

LKGI.- PMP

3  Hari

2010/2011

Pelatihan ketrampilan supervisi Pendidikan

5  hari


3.      Profil tamatan ( 3 tahun terakhir )
Tahun pelajaran
Tamatan ( % )
Rata-Rata NEM
Siswa yang melanjutkan ke jenjang lebih tinggi
Jumlah
Target
Hasil
Target
Jumlah %
Target %
2008/2009
89,06
100 %
5.00
6.00
15
20
2009/2010
87,50
100 %
5.00
6.25
17
25
2010/2011
96,36
100 %
5.50
6.50
20
30

4.      Prestasi yang pernah dicapai oleh sekolah ( akademik non akademik )
Tahun
Bidang
Prestasi

2008

Lomba MTQ
Juara I Tingkat Kabupaten

2009

Tapak Suci
Juara I Tingkat Propinsi

2010

Olahraga HUT-RI- 57
Juara Umum 1 TK Kec.

2010

Tapak Suci
Juara I Tingkat Kabupaten

2011

Tapak Suci
Juara I Tingkat Kabupaten
Juara II Tingkat Kabupaten




5.      Angka mengulang siswa ( 3 tahun terakhir )
Tahun Pelajaran
Kelas I
 ( orang )
Target Sekolah
( Orang )
Kelas II
 ( Orang )
Target Sekolah
( Orang )
2008/2009
-
-
-
-
2009/2010
-
-
-
-
2010/2011
-
-
-
-


6.      Kondisi siswa  ( 3 tahun terakhir )
Tahun Pelajaran

Rasio Siswa Baru terhadap pendaftar
Kelas I
Kelas II
Kelas III
Jumlah
2008/2009
52
73
77
202
87 %
2009/2010
41
52
77
170
84.07 %
2010/2011
42
42
54
138
93.91 %


7.      Kondisi Guru
Ijasah tertinggi
Jumlah
GT
GTT
S 1
17
4
D 3
1
-


8.      Sarana dan prasarana
Ruang
Jumlah
Luas
Buku Perpustakaan
Jumlah Judul
Jumlah Buku
Teori/ Kelas
8
512
1132
12581
Praktek / Lab
1
120


Perpustakaan
1
72


BP UKS
1
27


Kepala Sekolah
1
56


Tata Usaha
1
56


Guru
1
72







9.      Kondisi Orang tua Siswa
Pekerjaan
Jml
( % )
Penghasilan Perbulan
Jml
( % )
Tingkat Pendidikan
Jml
( % )
PNS
6
< Rp. 200.000- 400.000
5
SD
18
TNI/POLRI
2
Rp. 401.000 – 600.000
30
SLTP
40
Karyawan Suwasta
3
Rp. 601.000 – 800.000
50
SLTA
35
Petani
83
Rp. 801.000 – 1.000.000
7
Sarjana
7
Nelayan
-
>Rp. 1.000.000
8
S2 / S 3
-
Pedagang
2




Swasta
2




Lain-lain
2






10.  Anggaran Sekolah ( sesuai RAPBS )

Tahun Pelajaran
Pemerintah ( Rp )
Orang Tua ( Rp )
Jumlah ( RP )
2008/2009
16.000.000
193.920.000
207.920.000
2009/2010
14.000.000
163.200.000
173.200.000
2010/2011
10.000.000
132.480.000
132.480.000

11.  Potensi dilingkungan sekolah yang diharapkan mendukung program sekolah.
a.       Orang tua sudah mulai sadar untuk menyekolahkan putera-puterinnya sampai SLTA
b.      Lingkungan belajar tenang dan jauh dari keramaian
c.       Siswa belum terkontaminasi adannya kenakalan dan narkoba
d.      Simo merupakan daerah yang sedang berkembang maka diperlukan tenaga yang terampil dan inovatif.

Simo,  20  Februari 2012
Kepala Sekolah


Drs. Samudi








BAB III
PROGRAM KERJA SEKOLAH

Nama Sekolah                         : SMA Muhammadiyah 1 Simo Boyolali
Alamat                                                : Jalan madu No. 152, Ngreni, Simo, Boyolali Kode Pos 57377
                                                  Telp. 0271 7081337
Nomor Rekening                     : 1320-01-000029-53-6  BRI Cab. Pelem

1.      Visi Misi Sekolah dan tujuan Sekolah.
a.       Visi Sekolah
Terwujudnya lulusan yang berakhlaq mulia, berprestasi, siap menghadapi tantangan di era Globalisasi.
1.      Indikator berakhlaq mulia
-          Jujur
-          Amanah
-          Sabar
-          Suka Menolong
-          Konaah
-          Rajin Tertib, disiplin
2.      Indikator Berprestasi
-          Unggul dalam memperoleh nilai mata pelajaran
-          Unggul dalam mengikuti kegiatan  non akademik
-          Unggul dalam nilai kegiatan non akademik
-          Unggul dalam melaksanakan ajaran agama
3.      Indikator siap menghadapi tantangan di era Globalisasi
-          ulet dalam berusaha
-          Berani mengambil resiko
-          Percaya diri trampil dan inovatif
b.      Misi Sekolah
1.      Menyiapkan tamatan yang dapat mengamalkan ajaran agama Islam secara ( Kaffah )
2.      Membekali siswa dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang bermanfaat untuk melanjutkan studi maupun untuk hidup mandiri.
3.      Menyiapkan tamatan yang berwiraswasta.
c.       Tujuan Sekolah
Tujuan SMA Muhammadiyah 1 Simo Boyolali mengacu pada  tujuan pendidikan Muhammadiyah kyang tercantum dalam  Qoidah pendidikan Muhammadiyah yaitu membentuk manusia muslim yang berkhlaq mulia, cakap, percaya diri pada diri sendiri , cinta tanah air, dan berguna  bagi masayarakat dan negara.

2.      Identifikasi tantangan nyata sekolah
Berdasarkan Visi , Misi dan Tujuan yang ingin dicapai dalam kondisi saat ini maka tantangan nyata di hadapi  SMA Muhammadiyah 1 Simo adalah :
2.1.  Tantangan kualitas ( mutu akademik )
Yaitu rata-rata nilai semua mata pelajaran masih rendah maka diharapkan setiap tahun dapat meningkat sebesar 0,2.
Program pembelajaran berbasis kompetensi belum  dapat berjalan dengan baik, tantangan nyata perlu peningkatan kualitas pembelajaran yang meliputi :
-          Analisis atau penyesuaian kurikulum
-          Progaram tahunan
-          Program semester
-          Program satuan pelajaran/ rencana pengajaran
-          Materi/ bahan ajar
-          Lembar kerja siswa/job sheet
-          Pengembangan sistem evaluasi hasil belajar , perangkat evaluasi  dan sistem penilaian.
2.2.  Tantangan di bidang olahraga
a.       Atletik : Juara satu tingkat kecamatan diharapkan dapat mencapai tingkat Kabupaten
b.      Tapak Suci : Juara satu tingkat Kabupten diharapkan dapat masuk finalis tingkat karesidenan
c.       Bola Volli Juara tingkat kecamatan diharapkan dapat berprestasi di tingkat Kabuipaten
d.      Bola Basket dan bulu tangkis belum menjuarai diharapkan bisa juara tingkat Kecamatan
2.3.  Tantangan kualitas di bidang keagamaan
a.       MTQ Juara tingkat Kabupaten diharap kan bisa Juara Propinsi
b.      Kitobah Juara 1 tingkat Kecamatan diharapkan Juara tingkat Kabupaten
c.       Muratal Program Belum mendapat juara diaharapkan dapat menjuarai tingkat Kecamatan
2.4.  Tantangan kegiatan Marcahing Band
Merupakan program pengembangan dari Drum Band
2.5.  Tantangan kegiatan English Conversation Club ( ECC )
Belum mendapatkan kejuaraan
3.      Sasaran /tujuan situasional
3.1.  Meningkatnya rata-rata nilai semua mata pelajaran
3.2.  Memiliki dua tim Bola Voli, Bola Basket ,yang mampu berprestasi di tingkat di tingkat Kabupaten sedang Tapak Suci mampu berprestasi di tingkat Karisidenan.
3.3.  Memiliki  MTQ Muratal, dan Khitobah yang mampu berprestasi di tingkat Kabupaten.
3.4.  Memiliki pasukan Marching Band yang mampu berprestasi di tingkat Kabupaten
3.5.  Memiliki dua kelompok English Conversation Club ( ECC )

4.      Identifikasi fungsi-fungsi sasaran yang meliputi :
4.1.  Ketenagaan
4.2.  Kesiswaan
4.3.  Sarana prasarana
4.4.  Keuangan
5.      Analisis SWOT.
Sasaran 1. Meningkatkan rata-rata Nilai semua mata pelajaran.

Fungsi dan faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
tidak
A
Fungsi Proses belajar mengajar




1.  Faktor Internal
a.Pemberdayaan siswa

b.Keragaman metode mengajar
c.Perilaku siswa
d.Hubungan Guru Siswa
e.Penggunaan Waktu belajar

a.      Guru memberdayakan siswa
b.     Bervariasi
c.      Disiplin dan tertib
d.     Akrab
e.      Efektif

a.  Guru cukup mampu.

b.  Tidak banyak variasi
c.  Disiplin, Tertib
d.  Akrab
e. kurang efektif

V


V
V




V


V
2. Faktor Eksternal
a.Kesiapan siswa mnerima pelajaran
b.Dukungan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
c.Lingkungan sosial sekolah
d.Lingkungan fisik sekolah

a.Siswa siap menerima pelajaran
b.Tinggi


c.Kondusif
d.Nyaman, Tenang

a.Umumnya kurang siap
b.Tinggi


c.Kondusif
d.Nyaman, Tenang



V


V
V

V
B
Fungsi Pendukung PBM :
Ketenagaan




1.       Faktor Internal
a.       Jumlah Guru
b.       Kualifikasi guru
c.        Kesesuaian bidang studi Guru
d.       Kesesuian bidang Studi
e.        Jumlah beban mengajar Guru

a.       Memadai dengan rasio 1:20
b.       Pendidikan Guru Minimal S 1
c.        100 % sesuai
d.       Rata-rata 20 JP

a.       Memadai dengan rasio 1 : 20,1
b.       83 % tamat S 1

c.        95 , 65 % sesuai
d.       Rata-rata 23 JP

V

V

V
V

2.       faktor eksternal
a.       Pengalaman mengajar Guru


b.       Kesiapan mengajar Guru
c.        Fasilitas pengembangan diri

a.       Rata-rata pengalaman mengajar  5 th
b.       Memadai
c.        Tersedia

a.       Rata-rata Guru
Pengalaman  5 th

b.       Memadai
c.        Kurang lengkap

V


V





V






C
Fungsi Pendukung PBM :
Sarana/ Perpustakaan




1.       Faktor Internal
a.       Buku setiap mapel
b.       Jumlah Buku Pegangan
c.        Jumlah lemari dan rak buku
d.       Ruang Perpustakaan
e.        Pengelola perpustakaan
f.        Dana pengembangan Perpustakaan

a.       Cukup dan lengkap
b.       Cukup dan lengkap
c.        Cukup
d.       Luas bersih dan rapi
e.        Ada dan mampu
f.        Tersedia dan cukup

a.       Kurang lengkap
b.       Kurang lengkap
c.        Cukup
d.       Ada dan mampu
e.        Kurang

V

V

V
V

2.       Faktor eksternal
a.       Dukungan orang tua dalam melengkapi perpustakaan
b.       Kerjasama dengan perpustakaan lain yang lengkap.
c.        Kesesuaian buku penunjang dengan potensi daerah dan perkembangan Iptek.

a.Mendukung

b.Ada Kerjasama


c.Tingkat kesesuaiannya tinggi.

a.Mendukung

b.Tidak ada


c.Rendah / Kurang

V





V


V


Sasaran 2 : Mempunyai 2 Tim Bola Volli, Bola Basket  dan tapak Suci yang mampu berprestasi di tingkat Kabupaten.


Fungsi dan faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
tidak
A
Fungsi Proses belajar mengajar




1.        Faktor Internal
a.        Pemberdayaan siswa


b.        Jenis KegiatanPerilaku siswa
c.        Perilaku  Siswa
d.        Hubungan Guru Siswa
e.        Pemanfaatan waktu

a.       Guru Mampu memberdayakan siswa
b.      Bervariasi
c.       Disiplin
d.      Akrab
e.       Efektif

a.Guru cukup mampu.


b.Banyak variasi
c.Kurang disiplin.
d.Akrab
e.kurang efektif

V


V

V






V

V
2.Faktor Eksternal
a.Kesiapan siswa mengikuti kegiatan
b.Dukungan orang tua dan tokoh masyarakat.
c.Lingkungan sosial
d.Lingkungan fisik sekolah

a.Siswa siap mengikuti Kegiatan
b.Tinggi

c.Kondusif
d.Tenang

a.Sebagian  kurang siap
b.Tinggi

c.Kondusif
d.Tenang



V

V
V

V
B
Fungsi Pendukung Kegiatan:
( Ketenagaan )




1.       Faktor Internal
a Jumlah Guru
b.Kualifikasi guru

a.       Memadai
b.       Punya keahlian khusus

a.       Memadai
b.       Sarjan dan punya keahlian khusus

V

V



2.  faktor eksternal
a.Pengalaman  Guru pelatih
b.Kesiapan melatih Guru
c.Fasilitas penunjang

a.Cukup pengalaman
b.Memadai
c.tersedia

a.Berpengalaman
b.Memadai
c.Tersedia

V
V
V





Sasaran 3 : Memiliki 2 kelompok MTQ, muratal dan Khitobah yang mampu tampil sebagai finalis di tingkat Kabupaten

Fungsi dan faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
tidak
A
Fungsi Proses belajar mengajar




1.Faktor Internal
a.Pemberdayaan siswa

b.Jenis Kegiatan
c.Perilaku siswa
d.Hubungan Guru Siswa
e.Pemanfaatan Waktu belajar

a.  Guru Mampu memberdayakan siswa
b.  Berfariasi
c.  Disiplin , tertib
d.  Akrab
e.  Efektif

a.Guru cukup mampu.

b.Berfariasi
c.Disiplin , tertib
d.  Akrab
e.  Efektif

V

V
V
V








3. Faktor Eksternal
a.Kesiapan siswa mengikuti kegiatan
b.Dukungan orang tua dan masyarakat .
c.Lingkungan sosial sekolah
d.Lingkungan fisik sekolah

a.Siswa siap menerima Kegiatan
b.Tinggi

c.Kondusif
d.Tenang

a.Siap

b.Tinggi

c.Kondusif
d.Tenang

V

V

V
V


B
Fungsi Pendukung Kegiatan Ketenagaan




1.Faktor Internal
a.Jumlah Guru / Pelatih
b.Kualifikasi guru


a.Memadai
b.Memiliki Keahlian khusus


a.Memadai
b. Memiliki Keahlian khusus


V
V



3.       faktor eksternal
a.Pengalaman Guru pembimbing
b.Kesiapan membimbing guru
c. Fasilitas penunjang

a.Cukup berpengalaman
b.Memadai
cTersedia

a.Berpengalaman
b.Memadai
c.Kurang lengkap

V
V



V




Sasaran 4 : Memiliki Pasukan Marcahing Band yang handal.

Fungsi dan faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
tidak
A
Fungsi ProsesPelatihan




1.Faktor Internal
a.Pemberdayaan siswa
b.Variasi kegiatan
c.Prilaku siswa
d.Hubungan guru siswa
e. Waktu kegiatan




a.              a.Guru mampu memberdayakan siswa
b.             b.Bervariasi
c.              c. Aktif Disiplin
d.             d.Akrab
e.              e.Efektif

a.Guru cukup mampu.

b.Ber variasi
c.Aktif
d.Akrab
e. kurang efektif

V

V
V
V







V
2.Faktor Eksternal
a.Kesiapan siswa mengikuti latihan
b.Dukungan orangtua dan masyarakat.
c.Lingkungan sekolah

a.Siswa siap mengikuti latihan
b.Tinggi

c.Kondusif


a.       siap

b.Tinggi

c.Kondusif


V

V

V



B
Fungsi Pendukung Kegiatan Ketenagaan




1.Faktor Internal
a.Jumlah Guru Pelatih
b.KeahlianKhusus


a.Memadai
b.Mempunyai kahlian khusus

a.Memadai
b.Mempunyai keahlian khusus

V
V




2.faktor eksternal
a.Pengalaman mengajar Guru Pelatih
b.Kesiapan  melatih
c.Peralatan
d. Fasilitas pendukung

a.Cukup pengalaman

b.Siap
c.tersedia dan cukup
d tersedia dan lengkap

a.Berpengalaman

b.Siap
c.Kurang
d.Kurang lengkap

V

V




V
V










Sasaran 5 : Memiliki 2 Kelompok peserta Englis Conversation Club  yang mampu berprestasi di tingkat Kecamatan dan Tampil pada acara tertentu.

Fungsi dan faktornya

Kriteria Kesiapan

Kondisi nyata
Tingkat Kesiapan Faktor
Siap
tidak
A
Fungsi Proses bimbingan dan pelatihan




1.Faktor Internal
a.Pemberdayaan siswa

b.Keragaman metode
c.Perilaku siswa
d.Hubungan Guru Siswa
e.Penggunaan Waktu

f.         a.Guru mampu memberdayakan siswa
g.       b.Bervariasi
h.        c.Disiplin dan tertib
i.          d.Akrab
j.          e.Efektif

a.Guru cukup mampu.

b.Disiplin
c.Tertib
d.Akrab
e..kurang efektif

V

V
V
V







V
2.Faktor Eksternal
a.Kesiapan siswa mengikuti bimbingan
b.Dukungan orang tua dan masyarakat.
c.Lingkungan sosial sekolah
d.Lingkungan fisik sekolah

a.Siswa siap

b.Tinggi

c.Kondusif
d Tenang

a.umumnya kurang siap
b.Tinggi

c.Kondusif
d.Tenang



V

V
V

V
B
Fungsi Pendukung Kegiatan Ketenagaan




1.Faktor Internal
a.Jumlah Guru pembimbing
b.Kualifikasi guru pembimbing


a.CukupMemadai
b.Mempunyai keahlian

a.Memadai
b.mempunyai keahlian


V

V



2.faktor eksternal
a.Pengalaman  Guru
b.Kesiapan membimbing
c.Fasilitas penunjang

a.Cukup berpengalaman
b.Siap
c.tersedia

a.berpengalaman b.siap
c.kurang

V
V



V
C
Fungsi pendukung  kegiatan sarana prasarana




1.Faktor Internal
a.Buku pegangan
b.Buku penunjang
c.Ruang kegiatan
d.Dana pengembangan
e.Sarana penunjang

a.Cukup
b.Cukup
c.Tersedia
d.Tersedia
e.Memadai

a.Belum cukup
b.Belum culup
c.Tersedia
d.Belum cukup
e.Belum memadai



V

V
V

V
V
2.Faktor Eksternal
a.Dukungan orang tua
b.Kerjasama dengan lembaga lain

a.Tinggi
b.Ada kerjasama

a.Tinggi
b.Ada kerjasama

V
V



6.      Alternatif langkah-langkah pemecahan Persoalan
Untuk memperoleh hasil yang optimal dalam pelaksanaan program kerja dan mengacu pada tantangan atau persoalan yang dihadapi serta dengan mendasarkan pada analisis SWOT maka perlu dilakukan alternatif pemecahan masalah sebagai berikut :
a.       Peningkatan Jumlah dan kualitas tenaga Kependidikan meliputi :
1.      Rapat koordinasi Guru Mata Pelajaran ( MGMP )
2.      Penataran atau pelatihan Guru
3.      Melaksanakan In House Training ( Pelatihan Guru di Sekolah )
4.      Mendatangkan Guru Tamu.
b.      Pemenuhan sarana prasarana
1.      Peningkatan efektivitas dan intesitas kegiatan laboratorium IPA dan Laboratorium Bahasa antara lain:
a.       Pengadaan ruang Laboratorium IPA beserta sarana pendukungnya
b.      Pengadaan ruang Laboratorium Bahasa beserta sarana pendukungnya
2.      Mengadakan bahan praktikum bahan dan alat laboratorium.
c.       Mengembangkan desain  program pembelajaran yang mengarah pada pencapaian prestasi
1.      Pembentukan dan pelaksanaan kegiatan kelompok KIR.
2.      Pembentukan dan pelaksanaan kelompok diskusi terbimbing

d.      Peningkatan kualitas kegiatan pembelajaran
1.      Mengembangkan alat bantu pembelajaran
2.      Menyelenaggarakan kegiatan di luar sekolah
3.      Melaksanakan pembelajaran Team Teaching
4.      Penambahan jam pelajaran / Les kepada siswa kelas XII untuk persiapan sukses UAS dan UAN
5.      Melaksanakan monitoring dan pelaksanaan KBM
6.      Meningkatkan disiplin siswa dan guru
7.      Peningkatan layanan Guru BP/BK
8.      Pemberdayaan peranan wali kelas dan guru piket
e.       Pengembangan kegiatan ekstra kurikuler
1.      Kegiatan ekstra Kurikuler pencapaian prestasi meliputi
a.       Olahraga ( Bola Basket, Bola Volli , Tapak Suci )
b.      Marching Band
c.       Komputer
d.      Tata Busana.



2.      Kegiatan ekstra kurikuler untuk pembentukan karakter
a.       Keagamaan (Pengajian rutin, MTQ, Murottal)
b.      Kepanduan ( HW )

f.       Peningkatan kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait antara lain :
1.      Observasi atau study banding ke sekolah lain
2.      Rapat koordinasi dengan masyarakat atau  orang tua siswa dan instansi terkait dalam rangka merumuskan komitmen pelaksanaan Life Skill Education
3.      Koordinasi untuk mendatangkan guru tamu atau minta bantuan untuk kebutuhan sarana pendidikan.


BAB V
PENUTUP

Demikianlah proposal kegiatan SMA Muhammadiyah 1 Simo dalam rangka peningkatan mutu ini disusun untuk memperoleh Bantuan rehab gedung ruang kelas  dari Proyek peningkatan Mutu SMA Direktorat Pendidikan Menengah Ditjen Dikdasmen Departemen  Pendidikan Nasional.


Simo, 20 Februari 2012




Kepala Sekolah
SMA Muh. 1 Simo



Drs. Samudi















Komentar