BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Kesadaran
diri bahwa sekolah adalah sebuah masyarakat kecil yang menjadi wahana
pengembangan siswa, mendorong sekolah untuk meningkatkan kualitas siswa.
Pengembangan kemampuan siswa ini merupakan salah satu tanggung jawab sekolah untuk
menjadikan siswa sebagai salah satu dari warga sekolah yang harus menjadi
learning person seseorang yang senantiasa berusaha menambah pengetahuan dan
ketrampilannya.
Berkaitan
dengan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan siswa tidak akan lepas dari
sarana dan prasarana yang tersedia. Meskipun juga tidak mengabaikan peran
penting dari semangat semua personal yang terlibat di dalamnya. Namun
ketersediaan sarana yang memadai amat mendukung tercapainya peningkatan mutu
pendidikan, pengetahuan dan ketrampilan pada siswa.
Untuk
saat ini gedung ruang kelas SMA Muhammadiyah 1 Simo mngalami
kerusakan berat,
sehingga kegiatan belajar - mengajar kurang dapat berjalan baik sebagaimana mestinya. Oleh karena itu
sebagai konsekuensi dari usaha penigkatan mutu pendidikan pengetahuan dan ketrampilan maka kebutuhan
yang segera diwujudkan adalah rehab gedung ruang kelas.
- Tujuan pembangunan Rehab Gedung Ruang Kelas
Tujuan rehab gedung ruang kelas di SMA Muhammadiyah 1 Simo adalah :
1. Meningkatkan kelancaran dan
kenyamanan dalam proses
belajar – mengajar
2. Meningkatkan efektivitas pengelolaan
mutu pendidikan
- Hasil yang diharapkan
Dengan direhabnya gedung ruang kelas diharapkan:
1. Kenyamanan
dalam proses belajar –
mengajar
2. Kegiatan belajar- mengajar dapat
berjalan lancar
3. Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) dapat terlaksana dengan lancar dan berdampak pada peningkatan
mutu hasil belajar siswa.
BAB II
PROFIL
SEKOLAH
1.
Nama Sekolah :
SMA Muhammadiyah 1 Simo
Alamat Sekolah :
Jalan Madu No. 152, Ngreni, Simo, Boyolali
Kode Pos 57377
Telp. 0271 7081337
Kabupaten : Boyolali
Propinsi : Jawa Tengah
2.
Kepala Sekolah :
a.
Nama : Drs. Samudi
b.
Pendidikan Terakhir : Sarjana
c.
Jurusan : PPKN
Pelatihan
yang pernah diikuti
Tahun
|
Nama
pelatihan
|
Lama
Pelatihan
|
2008/2009,
2010/2011
|
PKG
– PMP
|
3,
5 hari
|
2008/2009,
2010/2011
|
LKGI.-
PMP
|
3 Hari
|
2010/2011
|
Pelatihan
ketrampilan supervisi Pendidikan
|
5 hari
|
3.
Profil tamatan ( 3 tahun terakhir )
Tahun pelajaran |
Tamatan (
% )
|
Rata-Rata
NEM
|
Siswa yang melanjutkan ke jenjang
lebih tinggi
|
|||
Jumlah
|
Target
|
Hasil
|
Target
|
Jumlah %
|
Target %
|
|
2008/2009
|
89,06
|
100 %
|
5.00
|
6.00
|
15
|
20
|
2009/2010
|
87,50
|
100 %
|
5.00
|
6.25
|
17
|
25
|
2010/2011
|
96,36
|
100 %
|
5.50
|
6.50
|
20
|
30
|
4.
Prestasi yang pernah dicapai oleh sekolah ( akademik non
akademik )
Tahun
|
Bidang
|
Prestasi
|
2008
|
Lomba MTQ
|
Juara I
Tingkat Kabupaten
|
2009
|
Tapak
Suci
|
Juara I
Tingkat Propinsi
|
2010
|
Olahraga
HUT-RI- 57
|
Juara
Umum 1 TK Kec.
|
2010
|
Tapak
Suci
|
Juara I
Tingkat Kabupaten
|
2011
|
Tapak
Suci
|
Juara I
Tingkat Kabupaten
Juara II
Tingkat Kabupaten
|
5.
Angka mengulang siswa ( 3 tahun terakhir )
Tahun
Pelajaran
|
Kelas I
( orang )
|
Target
Sekolah
( Orang )
|
Kelas II
( Orang )
|
Target
Sekolah
( Orang )
|
2008/2009
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2009/2010
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2010/2011
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6.
Kondisi siswa (
3 tahun terakhir )
Tahun
Pelajaran
|
|
Rasio
Siswa Baru terhadap pendaftar
|
|||
Kelas I
|
Kelas II
|
Kelas III
|
Jumlah
|
||
2008/2009
|
52
|
73
|
77
|
202
|
87 %
|
2009/2010
|
41
|
52
|
77
|
170
|
84.07 %
|
2010/2011
|
42
|
42
|
54
|
138
|
93.91 %
|
7.
Kondisi Guru
Ijasah
tertinggi
|
Jumlah
|
|
GT
|
GTT
|
|
S 1
|
17
|
4
|
D 3
|
1
|
-
|
8.
Sarana dan prasarana
Ruang |
Jumlah
|
Luas
|
Buku
Perpustakaan
|
|
Jumlah
Judul
|
Jumlah
Buku
|
|||
Teori/
Kelas
|
8
|
512
|
1132
|
12581
|
Praktek /
Lab
|
1
|
120
|
|
|
Perpustakaan
|
1
|
72
|
|
|
BP UKS
|
1
|
27
|
|
|
Kepala
Sekolah
|
1
|
56
|
|
|
Tata
Usaha
|
1
|
56
|
|
|
Guru
|
1
|
72
|
|
|
9.
Kondisi Orang tua Siswa
Pekerjaan |
Jml
( % )
|
Penghasilan
Perbulan
|
Jml
( % )
|
Tingkat
Pendidikan
|
Jml
( % )
|
PNS
|
6
|
< Rp. 200.000- 400.000
|
5
|
SD
|
18
|
TNI/POLRI
|
2
|
Rp. 401.000 – 600.000
|
30
|
SLTP
|
40
|
Karyawan
Suwasta
|
3
|
Rp. 601.000 – 800.000
|
50
|
SLTA
|
35
|
Petani
|
83
|
Rp. 801.000 – 1.000.000
|
7
|
Sarjana
|
7
|
Nelayan
|
-
|
>Rp. 1.000.000
|
8
|
S2 / S 3
|
-
|
Pedagang
|
2
|
|
|
|
|
Swasta
|
2
|
|
|
|
|
Lain-lain
|
2
|
|
|
|
|
10. Anggaran
Sekolah ( sesuai RAPBS )
Tahun
Pelajaran
|
Pemerintah
( Rp )
|
Orang Tua
( Rp )
|
Jumlah (
RP )
|
2008/2009
|
16.000.000
|
193.920.000
|
207.920.000
|
2009/2010
|
14.000.000
|
163.200.000
|
173.200.000
|
2010/2011
|
10.000.000
|
132.480.000
|
132.480.000
|
11. Potensi
dilingkungan sekolah yang diharapkan mendukung program sekolah.
a.
Orang tua sudah mulai sadar untuk menyekolahkan
putera-puterinnya sampai SLTA
b.
Lingkungan belajar tenang dan jauh dari keramaian
c.
Siswa belum terkontaminasi adannya kenakalan dan
narkoba
d.
Simo merupakan daerah yang sedang berkembang maka
diperlukan tenaga yang terampil dan inovatif.
Simo, 20 Februari 2012
Kepala
Sekolah
Drs. Samudi
BAB III
PROGRAM KERJA SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah 1 Simo Boyolali
Alamat :
Jalan madu No. 152, Ngreni, Simo, Boyolali Kode Pos 57377
Telp. 0271 7081337
Nomor
Rekening : 1320-01-000029-53-6
BRI Cab. Pelem
1.
Visi Misi Sekolah dan tujuan Sekolah.
a.
Visi Sekolah
Terwujudnya lulusan yang berakhlaq mulia,
berprestasi, siap menghadapi tantangan di era Globalisasi.
1.
Indikator berakhlaq mulia
-
Jujur
-
Amanah
-
Sabar
-
Suka Menolong
-
Konaah
-
Rajin Tertib, disiplin
2.
Indikator Berprestasi
-
Unggul dalam memperoleh nilai mata pelajaran
-
Unggul dalam mengikuti kegiatan non akademik
-
Unggul dalam nilai kegiatan non akademik
-
Unggul dalam melaksanakan ajaran agama
3.
Indikator siap menghadapi tantangan di era Globalisasi
-
ulet dalam berusaha
-
Berani mengambil resiko
-
Percaya diri trampil dan inovatif
b.
Misi Sekolah
1.
Menyiapkan tamatan yang dapat mengamalkan ajaran agama
Islam secara ( Kaffah )
2.
Membekali siswa dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan
yang bermanfaat untuk melanjutkan studi maupun untuk hidup mandiri.
3.
Menyiapkan tamatan yang berwiraswasta.
c.
Tujuan Sekolah
Tujuan SMA Muhammadiyah 1 Simo Boyolali mengacu
pada tujuan pendidikan Muhammadiyah
kyang tercantum dalam Qoidah pendidikan
Muhammadiyah yaitu membentuk manusia muslim yang berkhlaq mulia, cakap, percaya
diri pada diri sendiri , cinta tanah air, dan berguna bagi masayarakat dan negara.
2.
Identifikasi tantangan nyata sekolah
Berdasarkan Visi , Misi dan Tujuan yang ingin
dicapai dalam kondisi saat ini maka tantangan nyata di hadapi SMA Muhammadiyah 1 Simo adalah :
2.1. Tantangan
kualitas ( mutu akademik )
Yaitu rata-rata nilai semua mata pelajaran masih
rendah maka diharapkan setiap tahun dapat meningkat sebesar 0,2.
Program
pembelajaran berbasis kompetensi belum
dapat berjalan dengan baik, tantangan nyata perlu peningkatan kualitas
pembelajaran yang meliputi :
-
Analisis atau penyesuaian kurikulum
-
Progaram tahunan
-
Program semester
-
Program satuan pelajaran/ rencana pengajaran
-
Materi/ bahan ajar
-
Lembar kerja siswa/job sheet
-
Pengembangan sistem evaluasi hasil belajar , perangkat
evaluasi dan sistem penilaian.
2.2. Tantangan
di bidang olahraga
a.
Atletik : Juara satu tingkat kecamatan diharapkan
dapat mencapai tingkat Kabupaten
b.
Tapak Suci : Juara satu tingkat Kabupten diharapkan
dapat masuk finalis tingkat karesidenan
c.
Bola Volli Juara tingkat kecamatan diharapkan dapat
berprestasi di tingkat Kabuipaten
d.
Bola Basket dan bulu tangkis belum menjuarai
diharapkan bisa juara tingkat Kecamatan
2.3. Tantangan
kualitas di bidang keagamaan
a.
MTQ Juara tingkat Kabupaten diharap kan bisa Juara Propinsi
b.
Kitobah Juara 1 tingkat Kecamatan diharapkan Juara
tingkat Kabupaten
c.
Muratal Program Belum mendapat juara diaharapkan dapat
menjuarai tingkat Kecamatan
2.4. Tantangan
kegiatan Marcahing Band
Merupakan
program pengembangan dari Drum Band
2.5. Tantangan
kegiatan English Conversation Club ( ECC )
Belum
mendapatkan kejuaraan
3.
Sasaran /tujuan situasional
3.1. Meningkatnya
rata-rata nilai semua mata pelajaran
3.2. Memiliki
dua tim Bola Voli, Bola Basket ,yang mampu berprestasi di tingkat di tingkat
Kabupaten sedang Tapak Suci mampu berprestasi di tingkat Karisidenan.
3.3. Memiliki MTQ Muratal, dan Khitobah yang mampu
berprestasi di tingkat Kabupaten.
3.4. Memiliki
pasukan Marching Band yang mampu berprestasi di tingkat Kabupaten
3.5. Memiliki
dua kelompok English Conversation Club ( ECC )
4.
Identifikasi fungsi-fungsi sasaran yang meliputi :
4.1. Ketenagaan
4.2. Kesiswaan
4.3. Sarana
prasarana
4.4. Keuangan
5.
Analisis SWOT.
Sasaran 1. Meningkatkan rata-rata Nilai semua mata
pelajaran.
Fungsi dan
faktornya
|
Kriteria
Kesiapan
|
Kondisi
nyata
|
Tingkat
Kesiapan Faktor
|
||
Siap
|
tidak
|
||||
A
|
Fungsi
Proses belajar mengajar
|
|
|
|
|
1. Faktor
Internal
a.Pemberdayaan siswa
b.Keragaman metode mengajar
c.Perilaku siswa
d.Hubungan Guru Siswa
e.Penggunaan Waktu belajar
|
a.
Guru memberdayakan siswa
b.
Bervariasi
c.
Disiplin dan tertib
d.
Akrab
e.
Efektif
|
a. Guru cukup
mampu.
b. Tidak
banyak variasi
c. Disiplin,
Tertib
d. Akrab
e. kurang
efektif
|
V
V
V
|
V
V
|
|
2. Faktor
Eksternal
a.Kesiapan siswa mnerima pelajaran
b.Dukungan orang tua dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa.
c.Lingkungan sosial sekolah
d.Lingkungan fisik sekolah
|
a.Siswa siap menerima pelajaran
b.Tinggi
c.Kondusif
d.Nyaman,
Tenang
|
a.Umumnya kurang siap
b.Tinggi
c.Kondusif
d.Nyaman,
Tenang
|
V
V
V
|
V
|
|
B
|
Fungsi
Pendukung PBM :
Ketenagaan
|
|
|
|
|
1.
Faktor Internal
a.
Jumlah Guru
b.
Kualifikasi guru
c.
Kesesuaian bidang studi Guru
d.
Kesesuian bidang Studi
e.
Jumlah beban mengajar Guru
|
a.
Memadai dengan rasio 1:20
b.
Pendidikan Guru Minimal S 1
c.
100 % sesuai
d.
Rata-rata 20 JP
|
a.
Memadai dengan rasio 1 : 20,1
b.
83 % tamat S 1
c.
95 , 65 % sesuai
d.
Rata-rata 23 JP
|
V
V
V
V
|
|
|
2.
faktor eksternal
a.
Pengalaman mengajar Guru
b.
Kesiapan mengajar Guru
c.
Fasilitas pengembangan diri
|
a.
Rata-rata pengalaman mengajar 5 th
b.
Memadai
c.
Tersedia
|
a.
Rata-rata Guru
Pengalaman 5 th
b.
Memadai
c.
Kurang lengkap
|
V
V
|
V
|
C
|
Fungsi
Pendukung PBM :
Sarana/
Perpustakaan
|
|
|
|
|
1.
Faktor Internal
a.
Buku setiap mapel
b.
Jumlah Buku Pegangan
c.
Jumlah lemari dan rak buku
d.
Ruang Perpustakaan
e.
Pengelola perpustakaan
f.
Dana pengembangan Perpustakaan
|
a.
Cukup dan lengkap
b.
Cukup dan lengkap
c.
Cukup
d.
Luas bersih dan rapi
e.
Ada dan mampu
f.
Tersedia dan cukup
|
a.
Kurang lengkap
b.
Kurang lengkap
c.
Cukup
d.
Ada dan mampu
e.
Kurang
|
V
V
V
V
|
|
|
2.
Faktor eksternal
a.
Dukungan orang tua dalam melengkapi perpustakaan
b.
Kerjasama dengan perpustakaan lain yang lengkap.
c.
Kesesuaian buku penunjang dengan potensi daerah dan
perkembangan Iptek.
|
a.Mendukung
b.Ada
Kerjasama
c.Tingkat
kesesuaiannya tinggi.
|
a.Mendukung
b.Tidak ada
c.Rendah /
Kurang
|
V
|
V
V
|
Sasaran
2 : Mempunyai 2 Tim Bola Volli, Bola Basket
dan tapak Suci yang mampu berprestasi di tingkat Kabupaten.
Fungsi dan
faktornya
|
Kriteria
Kesiapan
|
Kondisi
nyata
|
Tingkat
Kesiapan Faktor
|
||
Siap
|
tidak
|
||||
A
|
Fungsi
Proses belajar mengajar
|
|
|
|
|
1.
Faktor Internal
a.
Pemberdayaan siswa
b.
Jenis KegiatanPerilaku siswa
c.
Perilaku
Siswa
d.
Hubungan Guru Siswa
e.
Pemanfaatan waktu
|
a.
Guru Mampu memberdayakan siswa
b.
Bervariasi
c.
Disiplin
d.
Akrab
e.
Efektif
|
a.Guru
cukup mampu.
b.Banyak
variasi
c.Kurang
disiplin.
d.Akrab
e.kurang
efektif
|
V
V
V
|
V
V
|
|
2.Faktor
Eksternal
a.Kesiapan siswa mengikuti kegiatan
b.Dukungan orang tua dan tokoh masyarakat.
c.Lingkungan sosial
d.Lingkungan fisik sekolah
|
a.Siswa siap mengikuti Kegiatan
b.Tinggi
c.Kondusif
d.Tenang
|
a.Sebagian
kurang siap
b.Tinggi
c.Kondusif
d.Tenang
|
V
V
V
|
V
|
|
B
|
Fungsi
Pendukung Kegiatan:
( Ketenagaan )
|
|
|
|
|
1.
Faktor Internal
a Jumlah Guru
b.Kualifikasi guru
|
a.
Memadai
b.
Punya keahlian khusus
|
a.
Memadai
b.
Sarjan dan punya keahlian khusus
|
V
V
|
|
|
2. faktor eksternal
a.Pengalaman Guru pelatih
b.Kesiapan melatih Guru
c.Fasilitas penunjang
|
a.Cukup pengalaman
b.Memadai
c.tersedia
|
a.Berpengalaman
b.Memadai
c.Tersedia
|
V
V
V
|
|
Sasaran
3 : Memiliki 2 kelompok MTQ, muratal dan Khitobah yang mampu tampil sebagai
finalis di tingkat Kabupaten
Fungsi dan
faktornya
|
Kriteria
Kesiapan
|
Kondisi
nyata
|
Tingkat
Kesiapan Faktor
|
||
Siap
|
tidak
|
||||
A
|
Fungsi
Proses belajar mengajar
|
|
|
|
|
1.Faktor Internal
a.Pemberdayaan siswa
b.Jenis Kegiatan
c.Perilaku siswa
d.Hubungan Guru Siswa
e.Pemanfaatan Waktu belajar
|
a. Guru Mampu
memberdayakan siswa
b. Berfariasi
c. Disiplin ,
tertib
d. Akrab
e. Efektif
|
a.Guru
cukup mampu.
b.Berfariasi
c.Disiplin
, tertib
d. Akrab
e. Efektif
|
V
V
V
V
|
|
|
3. Faktor
Eksternal
a.Kesiapan siswa mengikuti kegiatan
b.Dukungan orang tua dan masyarakat .
c.Lingkungan sosial sekolah
d.Lingkungan fisik sekolah
|
a.Siswa siap menerima Kegiatan
b.Tinggi
c.Kondusif
d.Tenang
|
a.Siap
b.Tinggi
c.Kondusif
d.Tenang
|
V
V
V
V
|
|
|
B
|
Fungsi
Pendukung Kegiatan Ketenagaan
|
|
|
|
|
1.Faktor
Internal
a.Jumlah Guru / Pelatih
b.Kualifikasi guru
|
a.Memadai
b.Memiliki Keahlian khusus
|
a.Memadai
b. Memiliki Keahlian khusus
|
V
V
|
|
|
3.
faktor eksternal
a.Pengalaman Guru pembimbing
b.Kesiapan membimbing guru
c. Fasilitas penunjang
|
a.Cukup
berpengalaman
b.Memadai
cTersedia
|
a.Berpengalaman
b.Memadai
c.Kurang lengkap
|
V
V
|
V
|
Sasaran
4 : Memiliki Pasukan Marcahing Band yang handal.
Fungsi dan
faktornya
|
Kriteria
Kesiapan
|
Kondisi
nyata
|
Tingkat
Kesiapan Faktor
|
||
Siap
|
tidak
|
||||
A
|
Fungsi
ProsesPelatihan
|
|
|
|
|
1.Faktor Internal
a.Pemberdayaan siswa
b.Variasi kegiatan
c.Prilaku siswa
d.Hubungan guru siswa
e. Waktu kegiatan
|
a.
a.Guru mampu memberdayakan siswa
b.
b.Bervariasi
c.
c. Aktif Disiplin
d.
d.Akrab
e.
e.Efektif
|
a.Guru
cukup mampu.
b.Ber
variasi
c.Aktif
d.Akrab
e. kurang
efektif
|
V
V
V
V
|
V
|
|
2.Faktor
Eksternal
a.Kesiapan siswa mengikuti latihan
b.Dukungan orangtua dan masyarakat.
c.Lingkungan sekolah
|
a.Siswa siap mengikuti latihan
b.Tinggi
c.Kondusif
|
a.
siap
b.Tinggi
c.Kondusif
|
V
V
V
|
|
|
B
|
Fungsi
Pendukung Kegiatan Ketenagaan
|
|
|
|
|
1.Faktor
Internal
a.Jumlah Guru Pelatih
b.KeahlianKhusus
|
a.Memadai
b.Mempunyai kahlian khusus
|
a.Memadai
b.Mempunyai keahlian khusus
|
V
V
|
|
|
2.faktor
eksternal
a.Pengalaman mengajar Guru Pelatih
b.Kesiapan melatih
c.Peralatan
d. Fasilitas pendukung
|
a.Cukup
pengalaman
b.Siap
c.tersedia dan
cukup
d tersedia dan
lengkap
|
a.Berpengalaman
b.Siap
c.Kurang
d.Kurang lengkap
|
V
V
|
V
V
|
Sasaran 5 : Memiliki 2 Kelompok peserta Englis
Conversation Club yang mampu berprestasi
di tingkat Kecamatan dan Tampil pada acara tertentu.
Fungsi dan
faktornya
|
Kriteria
Kesiapan
|
Kondisi
nyata
|
Tingkat
Kesiapan Faktor
|
||
Siap
|
tidak
|
||||
A
|
Fungsi
Proses bimbingan dan pelatihan
|
|
|
|
|
1.Faktor Internal
a.Pemberdayaan siswa
b.Keragaman metode
c.Perilaku siswa
d.Hubungan Guru Siswa
e.Penggunaan Waktu
|
f.
a.Guru mampu memberdayakan siswa
g.
b.Bervariasi
h.
c.Disiplin dan tertib
i.
d.Akrab
j.
e.Efektif
|
a.Guru
cukup mampu.
b.Disiplin
c.Tertib
d.Akrab
e..kurang
efektif
|
V
V
V
V
|
V
|
|
2.Faktor
Eksternal
a.Kesiapan siswa mengikuti bimbingan
b.Dukungan orang tua dan masyarakat.
c.Lingkungan sosial sekolah
d.Lingkungan fisik sekolah
|
a.Siswa siap
b.Tinggi
c.Kondusif
d Tenang
|
a.umumnya kurang siap
b.Tinggi
c.Kondusif
d.Tenang
|
V
V
V
|
V
|
|
B
|
Fungsi
Pendukung Kegiatan Ketenagaan
|
|
|
|
|
1.Faktor
Internal
a.Jumlah Guru pembimbing
b.Kualifikasi guru pembimbing
|
a.CukupMemadai
b.Mempunyai
keahlian
|
a.Memadai
b.mempunyai keahlian
|
V
V
|
|
|
2.faktor
eksternal
a.Pengalaman Guru
b.Kesiapan membimbing
c.Fasilitas penunjang
|
a.Cukup
berpengalaman
b.Siap
c.tersedia
|
a.berpengalaman b.siap
c.kurang
|
V
V
|
V
|
|
C
|
Fungsi
pendukung kegiatan sarana prasarana
|
|
|
|
|
1.Faktor
Internal
a.Buku pegangan
b.Buku penunjang
c.Ruang kegiatan
d.Dana pengembangan
e.Sarana penunjang
|
a.Cukup
b.Cukup
c.Tersedia
d.Tersedia
e.Memadai
|
a.Belum cukup
b.Belum culup
c.Tersedia
d.Belum cukup
e.Belum
memadai
|
V
|
V
V
V
V
|
|
2.Faktor
Eksternal
a.Dukungan orang tua
b.Kerjasama dengan lembaga lain
|
a.Tinggi
b.Ada
kerjasama
|
a.Tinggi
b.Ada
kerjasama
|
V
V
|
|
6.
Alternatif langkah-langkah pemecahan Persoalan
Untuk memperoleh hasil yang optimal dalam
pelaksanaan program kerja dan mengacu pada tantangan atau persoalan yang
dihadapi serta dengan mendasarkan pada analisis SWOT maka perlu dilakukan
alternatif pemecahan masalah sebagai berikut :
a.
Peningkatan Jumlah dan kualitas tenaga Kependidikan
meliputi :
1.
Rapat koordinasi Guru Mata Pelajaran ( MGMP )
2.
Penataran atau pelatihan Guru
3.
Melaksanakan In House Training ( Pelatihan Guru di
Sekolah )
4.
Mendatangkan Guru Tamu.
b.
Pemenuhan sarana prasarana
1.
Peningkatan efektivitas dan intesitas kegiatan
laboratorium IPA dan Laboratorium Bahasa antara lain:
a.
Pengadaan ruang Laboratorium IPA beserta sarana
pendukungnya
b.
Pengadaan ruang Laboratorium Bahasa beserta sarana
pendukungnya
2.
Mengadakan bahan praktikum bahan dan alat laboratorium.
c.
Mengembangkan desain
program pembelajaran yang mengarah pada pencapaian prestasi
1.
Pembentukan dan pelaksanaan kegiatan kelompok KIR.
2.
Pembentukan dan pelaksanaan kelompok diskusi
terbimbing
d.
Peningkatan kualitas kegiatan pembelajaran
1.
Mengembangkan alat bantu pembelajaran
2.
Menyelenaggarakan kegiatan di luar sekolah
3.
Melaksanakan pembelajaran Team Teaching
4.
Penambahan jam pelajaran / Les kepada siswa kelas XII
untuk persiapan sukses UAS dan UAN
5.
Melaksanakan monitoring dan pelaksanaan KBM
6.
Meningkatkan disiplin siswa dan guru
7.
Peningkatan layanan Guru BP/BK
8.
Pemberdayaan peranan wali kelas dan guru piket
e.
Pengembangan kegiatan ekstra kurikuler
1.
Kegiatan ekstra Kurikuler pencapaian prestasi meliputi
a.
Olahraga ( Bola Basket, Bola Volli , Tapak Suci )
b.
Marching Band
c.
Komputer
d.
Tata Busana.
2.
Kegiatan ekstra kurikuler untuk pembentukan karakter
a.
Keagamaan (Pengajian rutin, MTQ, Murottal)
b.
Kepanduan ( HW )
f.
Peningkatan kerjasama dengan masyarakat dan instansi
terkait antara lain :
1.
Observasi atau study banding ke sekolah lain
2.
Rapat koordinasi dengan masyarakat atau orang tua siswa dan instansi terkait dalam
rangka merumuskan komitmen pelaksanaan Life Skill Education
3.
Koordinasi untuk mendatangkan guru tamu atau minta
bantuan untuk kebutuhan sarana pendidikan.
BAB V
PENUTUP
Demikianlah proposal kegiatan SMA Muhammadiyah 1 Simo
dalam rangka peningkatan mutu ini disusun untuk memperoleh Bantuan rehab gedung ruang kelas dari Proyek peningkatan
Mutu SMA Direktorat Pendidikan Menengah Ditjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional.
Simo, 20 Februari 2012
|
|
Kepala Sekolah
SMA Muh. 1 Simo
Drs.
Samudi
|
|
Komentar
Posting Komentar